Kamis, 20 Oktober 2016

LAMPUNG

Budaya, Makanan dan Ciri khas Daerah Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 13 Kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. Disebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan.Lampung juga mempunyai ciri khas, yaitu ada menara siger, pakaian adat Lampung, tarian Lampung, makanan dan masih banyak lagi.
Menara Siger
Menara Siger yang terletak di Pelabuhan Bakauheni ini merupakan salah satu ikon Khas Lampung yang dapat terlihat dari pelabuhan Bakauheni, menara Siger ini sudah dapat terlihat jelas sekali, bahkan di Malam hari menara Siger ini dapat anda lihat dengan jelas karena dihiasi dengan banyak penerangan lampu.


Pakaian Adat Lampung


Pakaian adat Lampung adalah peninggalan budaya Lampung yang sangat khas dan memiliki nilai seni yang tinggi. Pakaian adat ini sering digunakan para pengantin sebagai simbol kebesaran budaya Lampung. Pakaian ini juga kadang digunakan dalam pertunjukan seni tari daerah Lampung, seperti tari sembah, tari bedana, dan lain yang lainnya.

Tarian Lampung
Tarian Lampung ada bermacam-macam, ada Tari Sembah atau Tari Sigegh Penguten, Tari Bedana dan banyak lagi tarian yang lainnya. Tarian ini untuk menyambut tamu kehormatan pada acara resmi - resmi  atau pada acara perkawinan.
Makanan khas

 Seruit

Masakan khas Lampung adalah seruit, yaitu masakan ikan digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambel terasi, tempoyak (olahan durian) dan mangga. Sedangkan minumannya adalah serbat, terbuat dari jus buah mangga kwini. Selain itu, ada pula makanan khas Lampung, yaitu durian. Lokasi yang mudah dicari adalah Batu Putuk dan Sukadanaham.
Tempoyak
Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi.
Sambal Lampung
Sambal dari salah satu daerah di Sumatera ini memang sangat terkenal karena rasanya yang super pedas.

Jangan lupa mampir Kota Lampung, dan icip-icip makanan khasnya... Hmmm bakal ketagihan deh. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar